Delegasi Kebudayaan Perayaan 60 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia – Jepang 2018

Sejak 1996, KPA3 telah menggelar lebih dari 30 tunggal diberbagai kota, diantaranya Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Singapura, Heidelberg, Kiel, Bremen, Munich, Paris, Brussels, Vienna, dan Tokyo. Selain itu dalam misi globalisasi angklung serta memperkenalkan angklung dan nilai-nilai filosofisnya kepada komunitas dunia, KPA 3 mengadakan muhibah kebudayaan yang dinamakan dengan Expand the Sound of Angklung (ESA).
2002 – Perancis, Belgia, Jerman
2004 – Skotlandia, Polandia, Republik Ceko, Belgia, Jerman, Perancis
2008 – Yunani, Italia
2010 – Slovenia, Austria, Spanyol
2016 – Slovakia, Republik Ceko, Belanda
2017 – Tokyo dan Kanagawa, Jepang

KPA3 juga telah memiliki prestasi di 20 kompetisi tingkat nasional dan juga mendapat 6 penghargaan tingkat internasional. Terakhir, KPA3 mendapatkan predikat Gold Band dalam kategori folk instrumental dan ensembles with free instrumentation dalam International Youth Music Festival II di Bratislava, Slovakia pada tahun 2016. Pada tahun 2016 dan 2017, KPA3 mendapat kehormatan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk menjadi Duta Promosi Wonderful Indonesia di Eropa Timur dan di Asia Pasifik.

Banner Web

Konser tunggal KPA3 di Tokyo dan Kanagawa, Jepang tahun 2017 meninggalkan kesan mendalam bagi Duta Besar Indonesia untuk Jepang, H.E. Arifin Tasrif, yang pada saat itu menjadi tamu kehormatan. Sehingga pada tahun 2018, KPA3 dipercaya untuk menjadi salah satu pengisi acara dalam Perayaan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Jepang.
Sebagai perwujudan nyata kontribusi BUMN untuk negeri, misi kebudayaan KPA3 kali ini mendapatkan dukungan penuh dari PT Pupuk Indonesia (Persero). Beranggotakan 35 pemain angklung, KPA3 akan tampil dalam sebuah konser kolaborasi bersama dengan The Resonanz Children’s Choir pada Sabtu, 23 Juni 2018 di Ebisu Garden Place, Tokyo dan Minggu, 24 Juni 2018 di Sakai Cultural Centre (Sofia), Osaka. Selain menampilkan repertoar tradisional dari tanah Sunda, KPA3 juga akan membawakan musik bergenre klasik seperti Swan Lake gubahan Tchaikovsky, musik populer seperti tributes untuk soundtrack film Star Wars, serta single amal NHK yang dirilis untuk menggalang dana bagi korban Gempa dan Tsunami Tohoku 2011 di Jepang, Hana wa Saku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *